Minggu, 13 Januari 2013

Adebayor Akhirnya Bersedia Bela Togo

LONDON, KOMPAS.com - Striker Tottenham Hotspur, Emmanuel Adebayor, akhirnya bersedia bermain untuk negaranya, Togo, di Piala Afrika di Afrika Selatan, minggu depan. Ia akan berangkat, setelah membela klubnya melawan Queens Park Rangers di Premier League, Sabtu (12/1/2013).

"Klub mengonfirmasi bahwa Emmanuel Adebayor telah dipanggil oleh federasi sepak bola Togo untuk tampil dalam Piala Afrika," demikian pernyaaan Tottenham di situs resmi mereka (www.tottenhamhotspur.com).

Sebelumnya, Adebayor menolak membelat timnas Togo. Dia kecewa oleh sikap asosiasi sepak bola negaranya yang tak profesional. Bahkan, sering kali dia keluar uang pribadi untuk membiayai kebutuhan tim, termasuk makan hotel yang layak buat pemain. Dia juga masih trauma oleh serangan kelomok bersenjata di Angola pada Piala Afrika tahun lalu, di mana beberapa rekannya tewas.

Namun, Selasa (8/1/2013), Presiden Togo Faure Gnassingbe telah membujuk Adebayor agar bersedia kembali berdialog selama lebih dari dua hari.

"Saya menyampaikan kepadanya sepak bola Togo sedang sakit dan harus mendapat pengobatannya," ujar Adebayor pada Rabu (10/1/2013) dalam satu wawancara dengan radio Perancis.

Togo akan menggelar pertandingan perdana melawan Pantai Gading pada tanggal 22 Januari. Kejuaraan ini akan dimulai pada 19 Januari dan berakhir pada 10 Februari. (RTR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar